Sports

Kalahkan Stadium Australia, Stadion GBK Terfavorit Se-Asia Tenggara

Friday, 08 May 2020 - 18:26
Kalahkan Stadium Australia, Stadion GBK Terfavorit Se-Asia Tenggara Stadion Gelora Bung Karno Jakarta. (Foto:infobola)

TIMES HONGKONG, JAKARTA – Stadion Gelora Bung Karno (Stadion GBK) berhasil terpilih sebagai stadion sepak bola terfavorit Asia Tenggara (Asean Favourite Stadium) berdasarkan hasil jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak bola Asia di laman resmi mereka, the-afc.com.

Dalam keterangan di situs resmi AFC, Stadion GBK mendapatkan voting tertinggi dengan 58 persen suara, di susul Stadion Bukit Jalil (Kuala Lumpur, Malaysia) 19 persen, Stadium Australia di Sydney dengan perolehan 11% suara, Stadion Rajamangala (Bangkok, Thailand) 8% suara dan Stadion My Dinh (Hanoi, Vietnam) 4% suara.

"Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta, Indonesia telah dipilih sebagai stadion favorit ASEAN oleh para penggemar melalui voting," demikian dikutip dari laman resmi AFC, Jumat (8/6/2020).

Stadion Gelora Bung Karno adalah stadion megah kebanggaan Indonesia yang memiliki kapasitas 80.000 kursi penonton. Stadion ini terdiri dari 24 sektor tribun atas dan bawah, dengan atap baja megah yang membentuk cincin besar.

Stadion GBK pertama kali dibangun tahun 1962 untuk dipakai dalam ajang Asian Games ke IV. Selain digunakan untuk pertandingan sepak bola, GBK juga disewakan untuk menggelar acara-acara nasional, kampanye politik, konser musik, sampai kegiatan keagamaan berskala besar.

Kini, setelah selesai direnovasi pada tahun 2018 lalu, Stadion GBK sudah memenuhi standar yang disyaratkan FIFA dalam aspek keamanan. Dimana dalam keadaan kondisi darurat, Stadion GBK sudah bisa steril hanya dalam waktu 15 menit. 

Berbagai event internasional pernah digelar di Stadion Utama GBK, diantaranya saat Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFF 2002, 2004 dan 2008, Piala Asia 2007, Asian Games dan Asian Para Games 2018, serta Piala Asia U-19 2018.

Rencananya, Stadion GBK juga akan digunakan untuk menggelar Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang.

Writer : Ainul Yaqin (MG-86)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Latest News

icon TIMES Hongkong just now

Welcome to TIMES Hongkong

TIMES Hongkong is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.