Coffee TIMES

Kemilau Citra Positif TNI Dalam Nakhoda Panglima Hadi Tjahjanto

Monday, 17 February 2020 - 13:11
Kemilau Citra Positif TNI Dalam Nakhoda Panglima Hadi Tjahjanto Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (foto: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES HONGKONG, JAKARTA – Menjadi nakhoda dari tiga matra TNI saat ini, merupakan wujud keberhasilan dari perjuangan panjang Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Seperti diketahui, perjalanan hidup beliau tidaklah mudah. Lahir dari keluarga yang sederhana, Hadi muda tidak mudah putus asa dan mempunyai semangat juang tinggi dalam menggapai cita-citanya menjadi anggota TNI.

Setelah masuk lingkungan militer, Hadi diceritakan sering dipandang sebelah mata dan jarang diberikan kepercayaan memegang peran strategis. Namun, usaha tak pernah mengkhianati hasil. Kegigihan dan ketekunan Hadi dalam meniti karier militernya berujung manis. Ia yang tak pernah bermimpi punya jabatan tinggi justru berhasil menjadi orang nomor satu di TNI saat ini.

Menjadi Panglima TNI bukan berarti perjuangan Panglima Hadi selesai. Perjalanan hidupnya mengajarkan bahwa segala sesuatu adalah ujian. Seperti yang pernah dinasehatkan ibunda Hadi kepadanya saat muda, “Jika ingin sukses dan menjadi orang besar, (kamu) harus lulus ujian itu dengan tabah.”

Bila kita anggap jabatannya sebagai Panglima TNI merupakan ujian, dapat dipastikan bahwa kepemimpinan Panglima Hadi mempunyai nilai yang memuaskan. Hal ini terbukti dari beberapa survei kepuasan publik terhadap lembaga-lembaga negara yang selalu menempatkan TNI dalam posisi teratas di masa kepemimpinannya.

Terakhir, Alvara Research Centre kembali merilis data hasil surveinya yang dilakukan pada periode akhir Januari hingga awal Februari 2020 dengan melibatkan 1.000 responden dan margin error 3,16 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen. Data diperoleh melalui wawancara tatap muka dengan multistage random sampling di 13 provinsi Indonesia. 

Data survei ini menyebutkan TNI mempunyai tingkat kepuasan publik tertinggi, sebesar 85,2 persen, terpaut jauh meninggalkan lembaga lainnya seperti Polri, Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi di posisi kedua, ketiga dan keempat dengan tingkat kepuasan publik rata-rata di kisaran 72 persen.

Artinya, kinerja TNI dibawah kepemimpinan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dianggap nyata dan memenuhi harapan publik.

Pengakuan publik tersebut semakin mengokohkan sosok besar Hadi Tjahjanto, yang disaat mudanya harus mengumpulkan sepatu tentara bekas untuk dijual dan hasilnya dibelikan beras untuk diserahkan ke keluarganya.

Seperti doa ibundanya, Hadi Tjahjanto memang sudah menjadi orang besar. Namun perjuangannya belum selesai. Masih ada ombak yang harus dilalui, masih ada karang untuk dihindari. Namun hingga saat ini kita masih boleh berkeyakinan, kemudi TNI sudah berada di tangan yang tepat dan karenanya citra TNI akan makin kemilau benderang menuju Indonesia Maju.(*)

*) Penulis, Arief Noviandi adalah analis media sosial di lembaga manajemen citra institusi.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

Writer :
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Latest News

icon TIMES Hongkong just now

Welcome to TIMES Hongkong

TIMES Hongkong is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.